Langsung ke konten utama

MAKNA POKOK ETIKA BISNIS

Etika sebagai praktis berarti: nilai-nilai dan norma-norma moral sejauh dipraktikan atau justru tidak dipraktikan, walaupun seharusnya dipraktikkan. Secara filosofi etika memiliki arti yang luas sebagai pengkajian moralitas.

Terdapat tiga bidang dengan fungsi dan perwujudannya, yaitu:

1. Etika deskriptif (descriptive ethics), secara normatif menjelaskan pengalaman moral secara deskriptif berusaha untuk mengetahui motivasi, kemauan dan tujuan sesuatu tindakan dalam tingkah laku manusia.

2. Etika normatif (normative ethics), yang berusaha menjelaskan mengapa manusia bertindak seperti yang mereka lakukan, dan apakah prinsip-prinsip dari kehidupan manusia.

3. Metaetika (metaethics), yang berusaha untuk memberikan arti istilah dan bahasa yang dipakai dalam pembicaraan etika, serta cara berfikir yang dipakai untuk membenarkan pernyataan-pernyataan etika.

Etika bisnis adalah acuan bagi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan usaha termasuk dalam berinteraksi dengan pemangku kepentingan (stakeholders) . Penerapan nilai-nilai perusahaan dan etika bisnis secara berkesinambungan mendukung terciptanya budaya perusahaan. Setiap perusahaan harus memiliki rumusan etika bisnis yang disepakati bersama dan dijabarkan lebih lanjut dalam pedoman perilaku, yang merupakan penjabaran nilai-nilai perusahaan sehingga menjadi panduan bagi organ perusahaan dan semua karyawan perusahaan. Yang mencakup panduan tentang benturan kepentingan, pemberian dan penerimaan hadiah dan donasi, kepatuhan terhadap peraturan, kerahasiaan informasi, dan pelaporan terhadap perilaku yang tidak etis.

Tiga makna pokok dari etika bisnis yaitu : dari sudut pandang ekonomi, hukum dan etika.
1. Sudut pandang ekonomis.
Bisnis adalah kegiatan ekonomis. Yang terjadi disini adalah adanya interaksi antara produsen/perusahaan dengan pekerja, produsen dengan konsumen, produsen dengan produsen dalam sebuah organisasi. Kegiatan antar manusia ini adalah bertujuan untuk mencari untung oleh karena itu menjadi kegiatan ekonomis. Pencarian keuntungan dalam bisnis tidak bersifat sepihak, tetapi dilakukan melalui interaksi yang melibatkan berbagai pihak.
Dari sudut pandang ekonomis, good business adalah bisnis yang bukan saja menguntungkan, tetapi juga bisnis yang berkualitas etis dan beretika.
2. Sudut pandang moral.
Dalam bisnis, berorientasi pada profit, adalah sangat wajar, akan tetapi jangan keuntungan yang diperoleh tersebut justru merugikan pihak lain. Tidak semua yang bisa kita lakukan boleh dilakukan juga. Kita harus menghormati kepentingan dan hak orang lain. Pantas diperhatikan, bahwa dengan itu kita sendiri tidak dirugikan, karena menghormati kepentingan dan hak orang lain itu juga perlu dilakukan demi kepentingan bisnis kita sendiri.
3. Sudut pandang Hukum
Bisa dipastikan bahwa kegiatan bisnis juga terikat dengan “Hukum” Hukum Dagang atau Hukum Bisnis, yang merupakan cabang penting dari ilmu hukum modern. Dan dalam praktek hukum banyak masalah timbul dalam hubungan bisnis, pada taraf nasional maupun international. Seperti etika, hukum juga merupakan sudut pandang normatif, karena menetapkan apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan. Dari segi norma, hukum lebih jelas dan pasti daripada etika, karena peraturan hukum dituliskan hitam atas putih dan ada sanksi tertentu bila terjadi pelanggaran. Bahkan pada zaman kekaisaran Roma, ada pepatah terkenal : “Quid leges sine moribus” yang artinya : “apa artinya undang-undang kalau tidak disertai moralitas “
Pokok Bahasan Etika Bisnis
1. Meningkatkan profesionalisme dibidang teknologi informasi
2. Organisasi & kode etik profesi
3. Cyber ethic ( etika menggunakan internet )
4. Etika bisnis & E-commerce
5. UU hak cipta dan perlindungan terhadap komputer
6. Perangkat lunak bebas dan lisensi
7. Cyber Crime / Tinjauan regulasi kejahatan di internet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

USAHA KERAJINAN KAOS KAKI

Saat liburan menjelang lebaran, setiap orang sibuk dengan segala hal mengenai perlengkapan lebaran hingga perlengkapan menjelang masuk sekolah. Salah satu hal yang dibutuhkan saat memasuki tahun ajaran baru adalah kaos kaki dan itu mudah ditemui di daerah sekitar rumah saya tepatnya di daerah Ciawi, kota Bogor. Disana terdapat dua usaha kerajinan kaos kaki yang memproduksi sebagian besar kebutuhan kaos kaki di kota saya. Salah satu dari usaha kaos kaki tersebut adalah usaha milik Pak Nana dan Pak Azan. Saat liburan dan setelah lebaran, saya sempat mengantar beberapa saudara saya untuk membeli kaos kaki di tempat usaha tersebut. Yang pertama adalah mengantar saudara saya ke tempat usaha kerajinan kaos kaki milik Pak Azan. Sambil bersilahturahmi dengan keluarga Pak Azan, kami sempat berbincang dengan istri pak Azan mengenai usaha kaos kaki yang di jalani oleh Pak Azan selama ini. Pak Azan sudah mendirikan usahanya sekitar 8 tahun. Dimulai dengan bekerja ditempat industri kaos kaki lain d...

Loyalitas saya terhadap produk Citra

Belakangan ini produk yang sering saya pakai adalah produk lotoin dari Citra. Dan dari berbagai macam jenis hand and body lotion dari produk citra yang saya kenakan salah satunya adalah Citra Bubuk Mutiara, karena bahan alaminya akan mencegah bagian kulit yang menghitam serta membuat kulit putih merata. Dan menurut hasil kajian kajian di Cina telah membuktikan bahwa Serbuk Mutiara dapat meningkatkan aktivitas superoksida dismustase (SOD) yaitu enzim antioksida yang melambatkan pembentukan melanin serta mengurangi pigmentasi, bintik hitam serta noda-noda pada kulit. Selama saya mengenakan produk itu, hasil yang cukup saya peroleh memang menjaga kelembaban kulit saya. Namun dikarenakan pemakaian saya yang tidak begitu teratur memang belum terlihat hasil yang lebik baik. Namun saya suka sekali wangi yang dihasilkannya tahan lama dan harum aromatherapy. Apalagi mengandung bubuk-bubuk mutiara yang terlihat di bawah sinar matahari dan tidak lengket ditangan. Manfaat terbesar lainnya adalah m...

Proses pengenalan kebutuhan sebelum terjadi pembelian

Selama ini, Saya sering mengkonsumsi minuman kaleng produk Sosro yang bernama "Fruit Tea" rasa Anggur. Alasan Saya mengkonsumsi minuman tersebut karena rasa dan komposisinya tidak terlalu berlebihan dan baik di konsumsi oleh siapa pun. Dengan rasa buah-buahan atau dengan berbagai macam kombinasi rasa buah dengan teh tanpa soda membuat Saya menyukai minuman tersebut karena menyegarkan dan dapat menghilangkan rasa dahaga. Saya mengenal produk minuman kaleng tersebut dari sebuah iklan di televisi dan pamflet reklame iklan di jalan. Dan karena kemasannya menarik dengan berbagai macam warna maka Saya dapat dengan mudah menemukannya di Supermarket bahkan Minimarket dimana saja. Menurut Saya iklan sangat berperan penting terhadap pengenalan produk, karena konsumen dapat mengenal dan mengingat pesan-pesan dari iklan itu dan dapat mengajak konsumen untuk mengkonsumsi minuman tersebut. Selain iklan, kemasan juga sangat berperan penting dalam proses pengenalan sebelum pembelian dikarena...