Langsung ke konten utama

PENTINGNYA PENERAPAN ETIKA BISNIS

Apa itu Etika? Etika adalah ilmu yang mendalami standar moral perorangan dan standar moral masyarakat. Etika merupakan penelaahan standar moral, proses pemeriksaan standar moral orang atau masyarakat untuk menentukan apakah standar tersebut masuk akal atau tidak untuk diterapkan dalam situasi dan permasalahan konkrit.

Etika Bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis. Etika bisnis merupakan studi standar formal dan bagaimana standar itu diterapkan ke dalam sistem dan organisasi yang digunakan masyarakat modern untuk memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dan diterapkan kepada orang-orang yang ada di dalam organisasi.

Namun, banyak pula perusahaan yang keberatan dengan penerapan etika dalam bisnis ini. Mereka cenderung berpikir hendaknya orang yang terlibat dalam bisnis berfokus pada pencarian keuntungan financial bisnis dan tidak dengan membuang-buang energi atau sumber daya perusahaan untuk melakukan “pekerjaan baik”.

Beberapa argumen diajukan untuk mendukung perusahaan tersebut. Seperti, pendapat bahwa di pasar bebas kompetitif sempurna, pencarian keuntungan dengan sendirinya menekankan bahwa anggota masyarakat berfungsi dengan cara-cara yang paling menguntungkan secara sosial. Untuk mencapai sebuah keberungtungan, perusahaan hanya harus memproduksi apa yang diinginkan oleh anggota masyarakat dan harus melakukannya dengan cara yang paling efisien yang tersedia.

Anggota masyarakat akan sangat beruntung jika manajer tidak memaksakan nilai-nilai pada bisnis, namun mengabdikan dirinya pada pencarian keuntungan yang berfokus.

Argumen tersebut menyembunyikan sejumlah asumsi yaitu sebagian besar industri tidak ”kompetitif secara sempurna”, dan sejauh sejauh perusahaan tidak harus berkompetisi, mereka dapat memaksimumkan keuntungan sekalipun produksi tidak efisien. Dapat diasumsikan pula bahwa langkah manapun yang diambil untuk meningkatkan keuntungan, perlu menguntungkan secara sosial, sekalipun dalam kenyataannya ada beberapa cara untuk meningkatkan keuntungan yang sebenarnya merugikan perusahaan : membiarkan polusi, iklan meniru, menyembunyikan cacat produksi, penyuapan. Menghindari pajak, dsb. Juga mengasumsikan bahwa dengan memproduksi apapun yang diinginkan publik pembeli, perusahaan memproduksi apa yang diinginkan oleh seluruh anggota masyarakat, ketika kenyataan keinginan sebagian besar anggota masyarakat (yang miskin dan dan tidak diuntungkan) tidak perlu dipenuhi karena mereka tidak dapat berpartisipasi dalam pasar. Keempat, argumen itu secara esensial membuat penilaian normatif.

Akan tetapi dalam jangka panjang, untuk sebagian besar, lebih baik menjadi etis dalam bisnis dari pada tidak etis. Meskipun tidak etis dalam bisnis kadang berhasil, namun perilaku tidak etis ini dalam jangka panjang, cenderung menjadi kekalahan karena meruntuhkan hubungan koperatif yang berjangka lama dengan pelanggan, etika merupakan komponen kunci manajemen yang efektif. Ringkasnya dengan demikian, ada pula argumen yang kuat, yang mendukung pandangan bahwa etika hendaknya diterapkan dalam bisnis.


sumber: http://adesyams.blogspot.com/2009/09/tentang-etika-bisnis.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

USAHA KERAJINAN KAOS KAKI

Saat liburan menjelang lebaran, setiap orang sibuk dengan segala hal mengenai perlengkapan lebaran hingga perlengkapan menjelang masuk sekolah. Salah satu hal yang dibutuhkan saat memasuki tahun ajaran baru adalah kaos kaki dan itu mudah ditemui di daerah sekitar rumah saya tepatnya di daerah Ciawi, kota Bogor. Disana terdapat dua usaha kerajinan kaos kaki yang memproduksi sebagian besar kebutuhan kaos kaki di kota saya. Salah satu dari usaha kaos kaki tersebut adalah usaha milik Pak Nana dan Pak Azan. Saat liburan dan setelah lebaran, saya sempat mengantar beberapa saudara saya untuk membeli kaos kaki di tempat usaha tersebut. Yang pertama adalah mengantar saudara saya ke tempat usaha kerajinan kaos kaki milik Pak Azan. Sambil bersilahturahmi dengan keluarga Pak Azan, kami sempat berbincang dengan istri pak Azan mengenai usaha kaos kaki yang di jalani oleh Pak Azan selama ini. Pak Azan sudah mendirikan usahanya sekitar 8 tahun. Dimulai dengan bekerja ditempat industri kaos kaki lain d...

Loyalitas saya terhadap produk Citra

Belakangan ini produk yang sering saya pakai adalah produk lotoin dari Citra. Dan dari berbagai macam jenis hand and body lotion dari produk citra yang saya kenakan salah satunya adalah Citra Bubuk Mutiara, karena bahan alaminya akan mencegah bagian kulit yang menghitam serta membuat kulit putih merata. Dan menurut hasil kajian kajian di Cina telah membuktikan bahwa Serbuk Mutiara dapat meningkatkan aktivitas superoksida dismustase (SOD) yaitu enzim antioksida yang melambatkan pembentukan melanin serta mengurangi pigmentasi, bintik hitam serta noda-noda pada kulit. Selama saya mengenakan produk itu, hasil yang cukup saya peroleh memang menjaga kelembaban kulit saya. Namun dikarenakan pemakaian saya yang tidak begitu teratur memang belum terlihat hasil yang lebik baik. Namun saya suka sekali wangi yang dihasilkannya tahan lama dan harum aromatherapy. Apalagi mengandung bubuk-bubuk mutiara yang terlihat di bawah sinar matahari dan tidak lengket ditangan. Manfaat terbesar lainnya adalah m...

Proses pengenalan kebutuhan sebelum terjadi pembelian

Selama ini, Saya sering mengkonsumsi minuman kaleng produk Sosro yang bernama "Fruit Tea" rasa Anggur. Alasan Saya mengkonsumsi minuman tersebut karena rasa dan komposisinya tidak terlalu berlebihan dan baik di konsumsi oleh siapa pun. Dengan rasa buah-buahan atau dengan berbagai macam kombinasi rasa buah dengan teh tanpa soda membuat Saya menyukai minuman tersebut karena menyegarkan dan dapat menghilangkan rasa dahaga. Saya mengenal produk minuman kaleng tersebut dari sebuah iklan di televisi dan pamflet reklame iklan di jalan. Dan karena kemasannya menarik dengan berbagai macam warna maka Saya dapat dengan mudah menemukannya di Supermarket bahkan Minimarket dimana saja. Menurut Saya iklan sangat berperan penting terhadap pengenalan produk, karena konsumen dapat mengenal dan mengingat pesan-pesan dari iklan itu dan dapat mengajak konsumen untuk mengkonsumsi minuman tersebut. Selain iklan, kemasan juga sangat berperan penting dalam proses pengenalan sebelum pembelian dikarena...